24.4.13

Jamsostek

Hari ini, setelah setahun lamanya ingin mencairkan dana JHT, saya mantap melangkahkan kaki ke Cabang I Jamsostek di Gedung Bank Liman Int Lantai 2, Jl. Ir. H. Juanda, Jakarta. Lama ya setahun :( padahal prosesnya cepat lho. Lima menit selesai!
Sekitar pukul 07.30 WIB, saya berjalan kaki dari kantor menuju Cabang Jamsostek ini. Kenapa memilih cabang? Karena jarak yang dekat dan asumsi bahwa kantor cabang adalah kantor yang tidak terlalu ramai pengunjungnya :D Tidak sampai 10 menit saya sudah sampai ^^ Senangnya disambut pak Satpam dengan sapaan yang ramah "Selamat pagi. Ada yang bisa dibantu?" Saya lalu mengutarakan niat untuk mencairkan dana JHT ketika saya bekerja di swasta. Si bapak bertanya tentang kelengkapan dokumen-dokumen beserta lampiran dokumen asli. Bersyukur internet sangat membantu saya sehingga dokumen yang saya miliki lengkap. Dokumen-dokumen tersebut adalah,
- Kartu Peserta Jamsostek (asli),
- KK (asli dan kopi),
- KTP (asli dan kopi),
- Kopi buku tabungan halaman depan jika ingin opsi transfer ke bank,
- surat rekomendasi dari perusahaan terdahulu (kopi dan asli).
Langkah berikutnya adalah mengisi dua formulir mengenai identitas diri dan status ketenagakerjaan di tempat terdahulu. Isian yang praktis dan tidak njlimet seperti isian pajak penghasilan hihihi
Waktu baru menunjukkan pukul 08.00 wib, tandanya masih ada jeda 30 menit sebelum loket pelayanan buka. Sambil menunggu, saya dipersilahkan untuk menikmati teh atau kopi yang sudah disediakan. Hemm.. enak banget nih kalau semua layanan publik seperti ini.
Kira-kira 28 menit kemudian, nomor saya dipanggil. B-0001. Yay! Saya nomor antrian pertama. Magic! Si Mbak berjilbab memberikan saya formulir kuning tanda saya sudah menyerahkan dokumen lengkap dan detail jumlah angka yang akan saya dapat. Selesai? SELESAI! Tidak sampai 5 menit, dan urusan kelar.
Ketika saya bertanya, "Kok cepet banget, mbak?" Ia menjawab, "Kalau semua lengkap dan benar, cepat prosesnya." Wooowwww.. 
Andaikan sistem birokrasi seperti ini. Dokumen lengkap dan benar, cepat prosesnya. *ngarep

XO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

© :: Hello, Beauties! ::, AllRightsReserved.

Designed by ScreenWritersArena